googlebec3e20e0727f0b8.html Komunitas Belajar Gardajita SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu Membahas Pengembangan Asesmen Numerasi dan Gamifikasi - SMP NEGERI 4 SATU ATAP KARANGJAMBU
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunitas Belajar Gardajita SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu Membahas Pengembangan Asesmen Numerasi dan Gamifikasi

Karangjambu, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Satu Atap Karangjambu melalui komunitas belajar gardajita menggelar berbagi praktik baik dengan tajuk sharing session yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut.

Acara yang dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Juni 2024, di Ruang Kelas 9 tersebut menghadirkan dua narasumber yang merupakan guru di sekolah setempat.


Pada kesempatan tersebut, Ibu Rosita Fatmawati, S.Pd., guru Matematika  di SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu, menyampaikan materi tentang pengembangan asesmen berbasis numerasi.

Dalam presentasinya, Rosita menjelaskan tentang konsep numerasi dan bagaimana membuat soal dengan tipe numerasi serta pentingnya penggunaan asesmen yang berfokus pada kemampuan numerasi siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam berbagai mata pelajaran.


Selain itu, materi tentang pengembangan asesmen berbasis gamifikasi juga turut disampaikan oleh Ibu Eli Antani, S.Pd., guru seni budaya di SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu.

Eli membahas konsep gamifikasi dengan quizizz dalam pembelajaran dan bagaimana penerapannya dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam paparannya peserta diminta untuk mencoba quizizz yang telah dibuat tentang pengetahuan SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu baru menjelaskan langkah-langkah pendaftaran dan penggunaan quizizz untuk asesmen.


Kepala SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu, Bapak Nokman Riyanto, S.Pd.Si., M.Pd., mengungkapkan bahwa komunitas belajar seperti ini sangat penting dalam meningkatkan kompetensi para pendidik serta meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, para guru dapat terus sharing dan mengembangkan diri dan menerapkan metode-metode pembelajaran dan asesmen yang inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik," ujar Nokman.



Acara komunitas belajar ini dihadiri oleh seluruh guru dan staf sekolah SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu serta mendapat respons positif dari peserta yang hadir. Diharapkan bahwa hasil dari komunitas belajar ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. 

Posting Komentar untuk "Komunitas Belajar Gardajita SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu Membahas Pengembangan Asesmen Numerasi dan Gamifikasi"